Mengapa Memilih Bisnis Laundry Kiloan?

Kenapa sih kita memilih usaha laundry kiloan? Yes, tentu saja karena bisnis ini ga ada matinya.  Selama orang masih pakai baju, usaha ini bakal jalan terus.  Loh kan orang bisa nyuci sendiri? No man.  Sekarang zaman sudah berubah.  Semua orang sibuk.  Nyari pembantu juga susahnya minta ampun.  Sekarang musim juga jadi ga jelas gara-gara pemanasan global.  Jadinya hujan terus sepanjang tahun.  Kalau laundry satuan mahal banget.  Nah, laundry kiloanlah solusinya.  Selain harganya murah, kualitasnya juga ga jauh beda sama laundry satuan.  Jadi orang-orang ga pusing lagi mikirin baju kotornya and bisa fokus ngurusin yang lainnya.  Pulang kerja baju mereka udah bersih, wangi, dan tinggal pakai deh.

Nah, karena alasan itulah orang berbondong-bondong buka usaha laundry kiloan.  Saya cari-cari di facebook ada buanyak banget laundry kiloan di seluruh Indonesia ini.  Tapi entah kenapa dengan banyaknya laundry tersebut, masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar.  Rata-rata laundry yang sudah establish masih saja kewalahan menerima order.

Lalu apa saja yang harus disiapkan untuk membuka bisnis laundry kiloan? Pertama-tama selain niat adalah mental.  Selama pejalanan bisnis, ga mungkin ga ada rintangan.  Pengusaha tulen harus punya mental baja dan ga boleh menyerah.  Kemudian kita harus itung-itungan.  Ada yang bilang kalau mau mulai bisnis ga perlu diitung dulu.  Langsung nekat terjun langsung.  Kalau saya pribadi sih kurang setuju.  Kalau nekat itu kan dominan otak kanan.  Sedangkan hitung menghitung itu urusannya otak kiri.  Menurut saya otak kanan dan kiri harus seimbang, sehingga bisnis tetap buka tapi tidak rugi terlalu banyak.  Sedikit konvensional, tapi that’s it.

Selanjutnya bila Forti-ers ingin mengetahui lebih banyak tentang bisnis ini, silakan lanjut menuju artikel Bisnis Plan Laundry Kiloan di sini.  Untuk kimia laundry berkualitas seperti deterjen, softener, pelicin, parfum, dan lain-lain, klik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s